Selamat Datang Di Rizky Travel, Kami Akan Melayani Anda Sepenuh Hati, Kepuasan Anda Akan Kami Utamakan Dago merupakan salah satu kawasan yang paling digemari di kota Bandung. Kawasan yang terletak di bagian utara kota Bandung ini memiliki daya tarik tersendiri. Di kawasan ini terdapat berbagai tempat wisata dan pusat wisata kuliner menarik. Situ Patengan adalah tempat wisata paling ujung yang berada di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Sebelum sampai ke Situ Patengan, terdapat jalan bercabang ke kiri yang menuju ke Pantai Jayanti di Cianjur Selatan. Sayang jalannya belum begitu lebar. Pantai Batu Hiu, terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia Objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha, Ciwidey. Sebuah danau Kaldera berwarna putih didataran tinggi Bandung Selatan. Begitu banyak inspirasi sudut-sudul gambar lahir dari bidikan kamera di kawah putih yang angker dan berwibawa ini. Blossom Family Outlet Outlet ini cukup terkenal di Bandung dengan desain tempat yang elegan di dominasi dengan warna hitam, menambah rasa penasaran turis untuk mengunjungi tempat ini. Gedung Sate, dengan ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, telah lama menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung yang tidak saja dikenal masyarakat di Jawa Barat, namun juga seluruh Indonesia bahkan model bangunan itu dijadikan Jalan cihampelas merupakan salah satu sentra wisata belanja di kota bandung. menjadi ikon bandung sama dengan malioboro di yogya. tempat menikmati wisata belanja yang asik di Kota Bandung jalan braga adalah jalan yang memiliki sejarah wisata belanja sejak jaman Belanda, Pada jaman Belanda, jalan ini adalah jantung dari kota Bandung, karena apa yang ada di jalan ini akan menjadi gaya hidup dari orang Bandung itu sendiri. di Kota Bandung jalan braga adalah jalan yang memiliki sejarah wisata belanja sejak jaman Belanda, Pada jaman Belanda, jalan ini adalah jantung dari kota Bandung, karena apa yang ada di jalan ini akan menjadi gaya hidup dari orang Bandung itu sendiri. Jetset Factory Outlet, terletak di Jalan Dago, Bandung Happening Boutique Outlet Bandung, Anda bisa menjelajahi berbagai busana dengan mode dunia. Tersedia pula koleksi busana produk lokal yang tidak kalah trendi. Perpaduan brand terkenal dari luar negeri serta produk lokal membuat produk Happening lebih bera
05
Jan 2012

Gedung Sate - Bandung

Kategori : Wisata Herritage

27 Juli 1920. Hari ini, 89 tahun silam, dilakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan Gedung Sate di Bandung. Ketika selesai dibangun empat tahun kemudian, gedung tersebut segera menjadi salah satu bangunan termegah di Hindia Belanda dan hingga sekarang menjadi landmark paling menonjol dari kota Bandung. Peletakan batu pertama pembangunan gedung dilakukan oleh Nona Johanna Catherina Coops, putri sulung walikota Bandung B. Coops, dan Nona Petronella Roelofsen, mewakili Gubernur Jenderal Batavia.

Gedung Sate - BandungBangunan gedung ini dirancang arsitek Ir J. Berger dari Landsgeboundienst, dinas pembangunan gedung-gedung pemerintah Negeri Belanda. Dibutuhkan tenaga hingga 2.000 orang pekerja. Di antara ribuan pekerja itu, terdapat lebih kurang 150 Cina Konghu atau Kanton, tukang kayu dan pemahat batu yang trampil di negerinya. Arsitek Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage, menyebut bahwa Gedung Sate beserta rancangan kompleks Pusat Perkantoran Instansi Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di Bandung merupakan sebuah karya besar. Sementara Coor Passchier dan Jan Wittenberg, dua arsitek Belanda yang menginventarisir bangunan kolonial di Bandung, menyebut Gedung Sate sebagai sebagai bangunan monumental yang anggun mempesona, serta memiliki gaya arsitektur yang unik, dan gigantik.

Gedung Sate sendiri sebenarnya hanya bagian kecil atau sekira 5% dari "Kompleks Pusat Perkantoran Insatansi Pemerintah Sipil" Hindia Belanda yang menempati lahan Bandung Utara seluas 27.000 meter persegi. Oleh penduduk tempo dulu "Gedong Sate" dinamai "Gedong Bebe" yang kemudian lebih populer dengan "Gedung Sate" karena di puncak menara gedung tersebut terdapat "tusuk sate" dengan 6 buah ornamen berbentuk jambu air.

Apa yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate pada mulanya diniatkan sebagai bangunan Pusat Pemerintahan atau Gouvernments Bedrijven (GB) yang bersumbu lurus ke tengah-tengah Gunung Tangkuban Perahu.

Disebut Gouvernments Bedrijven karena gedung tersebut pada mulanya diniatkan sebagai pusat pemerintahan kolonial Hindia Belanda sekaligus tempat berkantor Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Pembangunan gedung tersebut dimungkinkan setelah pemerintah Hindia Belanda mengambil keputusan untuk memindahkan pusat pemerintahan Hindia Belanda dari Batavia ke Bandung.

Keputusan untuk menjadikan Bandung sebagai ibukota pemerintahan Hindia Belanda diambil pada 1916. Pilihan itu diambil oleh Koninkelijk der Nederlanden (Negeri Belanda) yang telah melakukan berbagai penelitian di daerah-daerah lain, terutama di pulau Jawa. Penelitian itu dipicu oleh hasil riset yang dilakukan HF Tillema, seorang ahli kesehatan lingkungan, yang menemukan bahwa bahwa kota-kota di pantai utara pulau Jawa keadaannya kurang sehat. Dipenuhi oleh rawa-rawa yang rentan penyakit. Hawanya panas dan lembab, akibatnya orang susah bernafas, banyak berkeringat, membuat badan cepat lelah.

Pilihan pun jatuh ke Bandung yang secara geografis berada di daerah pegunungan dengan udara yang sejuk dan lebih segar. Keputusan itu diambil pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal van Limburg Stirum.

Di tempat ini pulalah, pada bulan-bulan pertama kemerdekaan, terjadi pertempuran hebat antara kaum Republiken yang ingin memertahankan gedung ini dari serbuan tentara Sekutu yang diperkuat oleh tentara Gurkha. Tak cuma itu Gedung Sate ini pernah juga dijadikan pusat pemerintahan Negara Pasundan pada masa pemerintahan RIS.

Gedung Sate tidak hanya menjadi bukti otentik dari riwayat kota Bandung dalam percaturan kehidupan kolonial. Gedung sate pernah pula menjadi lokus di mana kemerdekaan dirayakan dengan patriotik sekaligus di sana pula pernah bercokol satu pemerintahan yang menjadi pengejawantahan gagasan federalisme di Indonesia.Jika hari ini Gedung Sate tak hanya menjadi kantor Gubernur Jawa Barat, tetapi juga menjadi landmark kota Bandung, Gedung Sate menerima status istimewa yang memang telah menjadi haknya.


Sumber : http://wisataindonesia.net/detail-gedung_sate_bandung-2.html

Customer Services

Ujang :


Novita :




Our Contact Address
Komplek GBA II Blok F 2 No.9 Ciganitri Provinsi Jawa Barat Indonesia
Bandung.40287
Telp . +6285221999719
Phone . (022) 88881581
WhatsApp : +6282126726134


Sampaikan pesan Anda melalui form dibawah ini